Notification

×

Iklan

Iklan

 




Drs. Hadi Suwarno : Proyek Pemerintah Tanpa Papan Nama, Berpotensi Rugikan Negara

| November 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-27T13:28:57Z

 




Tirtajaya, KHI - Minimnya  Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang dilakukan oleh oknum kontraktor terkait pengerjaan proyek yang didanai oleh negara dapat memicu terjadinya kerugian negara. Ini terbukti dengan banyaknya proyek di Kabupaten Karawang tidak memasang papan nama proyek.  Padahal setiap  proyek yang didanai oleh  pemerintah , masyarakat  juga punya hak turut mengawasi.


" Sangat potentinsial dapat menimbulkan kerugian negara  jika proyek yang dibiayai oleh pemerintah tidak transparan, sebab masyarakat yang berkontribusi besar  kepada negara dalam hal keuangan sehingga menjadi APBN atau APBD tidak diberi kesempatan turut mengawasi , disebabkan tidak dipasangnya papan proyek, Jelas Hadi Suwarno   Senin (27/11/23)


 Dia juga mengatakan, jangankan proyek - proyek untuk inspastruktur,   seperti jalan, normalisasi dan sejenisnya, Tempat Pemakaman Umum (TPU)  saja dikerjakan tidak transparan.



"Itu TPU di Dusun Apur Desa Sumurlaban Kecamatan Tirtajaya, dikerjakan tanpa papan informasi, jadi masyarakat tidak tau berapa besaran anggarannya,  CV apa yang mengerjakan. Terlepas  itu proyek  Pokok Pikiran Rakyat (pokir) atau bukan, keterbukaan itu harus diutamakan, sebab dibangun dari uang rakyat, " katanya


Hadi juga berharap kepada Satker yang membidanginya agar jangan membiasakan diri, ragu memberikan sanksi pada pemborong yang tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan.


 " Ini saya menduga akibat pengawasnya tidak tegas, Kepala Bidang yang menunjuk kontraktor tersebut tidak punya pengaruh, sehingga rekanan yang mengerjakan proyek TPU di Dusun Apur Desa Sumurlaban itu, seperti memakai kacamata kuda, maju  terus, terserah apa kata mereka, yang penting gue untung, kan kacau kalau udah begini, " pungkas Hadi ( Rian Sibarani)


TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update