Notification

×

Iklan

Iklan

 




RSUD Karawang Siap Tampung Caleg Depresi Gagal Dalam Kontestan Legislatif Pemilu 2024.

| Februari 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-17T12:50:09Z

 

Foto : ilustrasi


Karawang,KHI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang siap menangani kasus kejiwaan   bagi Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang gagal dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Humas RSUD Kabupaten Karawang, Abdullah Luthfi mengatakan,pihaknya telah menyiapkan tenaga ahli yang mempuni di bidang psikolog dan psikiater, manakala ada caleg yang depresi usai Pemilu. 


Luthfi menjelaskan, RSUD Karawang masih belum memiliki ruangan khusus yang tersedia untuk merawat pasien dengan gangguan kejiawaan kategori berat atau akut.


“Tapi kalau hanya untuk konsultasi psikologis saja, mungkin itu masih bisa ditangani oleh dokter spesialis maupun psikiater kami di Poli Klinik Jiwa yang ada di RSUD Kabupaten Karawang ini ya,” kata Luthfi.


Lebih lanjut Luthfi mengatakan, sejatinya penderita gangguan jiwa memiliki peluang sembuh yang besar, ketika diberikan penanganan yang intensif dan tepat. Menurutnya, selama pasien tidak menunjukkan gejala-gejala agitatif serta agresif, maka yang bersangkutan tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa.


" Kalau ada problem psikis terutama kejiwaan akibat kecewa, depresi dan sebagainya, kami akan memberikan layanan psikologis di Poli Klinik Jiwa,  maka akan dilayani dokter spesialis yang secara khusus menangani permasalahan gangguan kejiwaan. Tetapi kalau misalkan datang ke UGD dengan keadaan berontak atau histeris, biasanya kita langsung mereveralnya ke Rumah Sakit Jiwa di Bogor atau Bandung,” kata Luthfi, Jumat (16/2/2024) lalu , dikutif dari infoka.id


Meski begitu, kata Lutfi belum ada pasien dari caleg yang datang dengan gejala, mengalami depresi atau psikologisnya terganggu alias gangguan kejiwaan.


Apabila ada caleg yang mengeluh gangguan psikologis dan histeris, pihaknya akan tetap melayani dengan membawa ke UGD terlebih dahulu. Kemudian kontrol dan observasi di poli jiwa, jika hasilnya akut akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).


“Ya mungkin saja mereka (caleg yang kalah) sudah siap dengan segala resikonya saat pencalonannya itu gagal,” kata Luthfi. (Sent)




TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update